Penddidikan Jasmani dan Olahraga

Semangat Semangat Semangat !!!!!!!!!
kali ini kita akan belajar pendidikan jasmani yaaaaa


Pendidikan jasmani terdiri atas tiga gerak dasar, yaitu seperti berikut.
A. Lokomotor
Gerakan lokomotor merupakan suatu gerakan yang ditandai dengan
adanya perpindahan tempat, seperti jalan, lari, melompat, dan mengguling.
Gerakan ini biasanya membuat anak merasa senang melakukannya.
Gerakan lokomotor ini bisa dimodifikasi menjadi permainan anak
sehingga tanpa disadari, siswa sedang melakukan gerak lokomotor, seperti
berjalan, lari, dan mengguling. Tujuan dari dilakukannya gerakan dasar
jalan dan berlari adalah meningkatkan kemampuan gerakan dasar yang
banyak dilakukan dalam kehidupan sehari-hari.
Guru dapat menerangkan dan memberi contoh yang benar mengenai
teknik gerak dasar atletik jalan dan lari.
1. Teknik gerak dasar jalan adalah sebagai berikut.
a. Badan harus relaks, secara keseluruhan badan dalam posisi tegak,
sehingga susunan tulang belakang yang menyangga badan pun lurus.
Tegakkan kepala, tengkuk bahu lurus sejajar dengan badan, tarik dagu
sedikit dan pandangan tetap ke depan.
b. Dada ditarik agak membusung atau terbuka sehingga pernapasan yang
dilakukan adalah pernapasan perut. Setelah itu pandangan mata lurus
ke depan.

c. Secara bergantian lengan mengayun
dengan wajar dan relaks. Ayunan
dimulai dari persendian bahu dan
persendian siku.
d. Kaki melangkah ke depan secara
bergantian, sesekali tumit terangkat dan menolak pada pangkal jari.
e. Kaki diangkat mengayun ke depan dengan lutut sedikit ditekuk,
menapak pada tumit, telapak dan ujung jari kaki yang arahnya lurus ke
depan.
f. Begitulah berulang secara bergantian, kaki yang semula menjadi kaki
tumpu berganti menjadi kaki ayun.
2. Teknik gerak dasar lari
a. Sikap permulaan: berdiri tegak, kedua lengan ditekuk membentuk
sudut 90˚.
b. Gerakan mengangkat lutut setinggi pinggul dilakukan sambil lari di
tempat disertai gerakan ayunan lengan.

c. Ketika tungkai kanan diangkat
dengan lutut setinggi pinggul, lengan
kiri diayunkan ke depan dengan kuat
setinggi bahu dan kecepatan tangan
di depan dada. Ayunkan dengan
relaks.
d. Gerakan ini dilakukan secara bergantian mulai lari pelan-pelan,
kemudian bergerak maju makin cepat.
e. Lakukan gerakan ke depan dengan gerakan yang cepat.
B. Non lokomotor
Gerakan dasar ini dilakukan tanpa adanya perpindahan tempat,
contohnya meliuk, menggoyangkan pinggul dan bahu, menarik, menekuk,
dan memutar.
C. Manipulasi
Gerakan yang memakai alat bantu seperti bola.
Contoh gerakan ini adalah melempar, menangkap,
dan menyepak.
Aplikasi di lapangan untuk gerak dasar jalan dan lari ini bisa dikemas
dalam bentuk permainan. Guru harus lebih jeli memilih permainan yang akan
dilakukan oleh anak-anak sehingga menjadi aktivitas yang menyenangkan,
menyegarkan dan menyehatkan. Contoh permainannya adalah lompat katak,
lompat kelinci, dan memindahkan buah ke dalam keranjang.
1. Lompat kelinci
a. Berdiri tegak dengan kedua tangan disimpan di depan dada.
b. Posisi kedua kaki selebar bahu.
c. Pandangan lurus ke depan.
d. Lompatlah ke depan seperti kelinci.
e. Lompatan mengikuti garis lingkaran yang
sudah ditentukan.
2. Memindahkan buah ke dalam keranjang
a. Anak-anak dibagi dalam 3 kelompok sama banyak.
b. Guru mempersiapkan buah-buahan dari plastik yang
dikumpulkan dalam lingkaran di sisi lapangan.
c. Sisi lapangan yang berlawanan arah disiapkan keranjang.
d. Setelah mendengarkan aba-aba, anak mulai berlari mengambil buah
plastik untuk dipindahkan ke dalam keranjang.
e. Hal itu dilakukan bergiliran dengan teman kelompoknya.
f. Pemenang adalah kelompok yang lebih cepat habis memindahkan
buah plastik ke dalam keranjang.

 sumber : Buku Guru SD/MI Kelas IV Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia 2014

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Bagian Bagian Telinga