Pembembangan Pembelajaran yang Mengintegrasikan TIK

Kelas 4 Tema 2 Pembelajaran 1
Topik         : Selalu hemat energi
Tujuan Pembelajaran:
1.      Setelah mengamati gambar dan membaca teks petunjuk tertulis, siswa mampu mempraktikkannya untuk membuat produk (kipas) dengan langkah yang benar.
2.      Setelah berdiskusi, siswa mampu menyajikan teks petunjuk tertulis tentang cara membuat kipas dengan tepat.
3.      Dengan pengamatan, siswa mampu mengidentifikasi manfaat perubahan bentuk energi dalam kehidupan sehari-hari dengan tepat.
4.      Setelah pengamatan, siswa mampu menyajikan laporan hasil pengamatan tentang berbgai perubahan bentuk energi dalam kehidupan sehari-hari dengan sistematis.
5.      Dengan diskusi dan pemecahan masalah, siswa mampu mengidentifikasi sumber daya alam dan pemanfaatannya dengan tepat.
6.      Dengan diskusi dan pemecahan masalah, siswa mampu menyajikan hasil identifikasi sumber daya alam dan pemanfaatannya dalam bentuk tulisan dengan sistematis.

·         Siswa berdoa dipimpin oleh salah satu siswa yang ditunjuk.
·         Guru menjelaskan tujuan pembelajaran.
·         Siswa diminta membuka buku siswa
·         Siswa membaca teks langkah-langkah membuat kipas kertas.
·         Siswa diminta membuat kipas kertas berdasarkan teks petunjuk tulis dan petunjuk gambar/visual yang tersedia.
·         Siswa diminta membandingkan kipas buatan mereka dengan teman lain untuk mengidentifikasi perbedaannya.
·         Siswa diminta memfoto hasil karya kipas mereka.
·         Siswa diminta mengirim hasil foto mereka ke email guru.
·         Siswa mengamati gambar beragam aktifitas, dan mengidentifikasi sumber energi dan perubahan bentuk energi yang terjadi.
·         Siswa diminta menuliskan hasil pengamatan pada program pengolah kata.
·         siswa diminta mencetak hasil pengamatan.
·         Siswa diminta mempresentasikan laporan berdasarkan hasil percobaan.
·         Siswa lain memberikan pendapat terhadap presentasi siswa
·         Siswa membaca senyap teks tentang beberapa jenis tanaman obat sebagai bagian dari sumber daya alam yang dimiliki bangsa Indonesia.
·         Siswa menemukan informasi tentang beberapa jenis sumber daya alam, manfaat, dan tempat pemasarannya.
·         Siswa menuliskan informasi dalam program pengolah kata.
·         Guru mengulas kembali kegiatan yang sudah dilakukan dan meminta siswa melakukan refleksi dari kegiatan yang baru saja mereka lakukan dengan menjawab pertanyaan:
                      Apa saja yang kamu pelajari hari ini?
                     Bagian mana yang sudah kamu pahami dengan baik?
                     Bagian mana yang belum kamu pahami?
                     Apa rencanamu agar kamu lebih paham?
                     Sikap apa yang dapat kamu terapkan dalam kehidupan sehari-hari
·         Guru memberikan penguatan dan kesimpulan tentang pembelajaran hari ini


Komentar

Postingan populer dari blog ini

Bagian Bagian Telinga